sebab akibat hardisk rusakTapi kalo dari segi kepraktisan lebih praktis flashdisk karena ukuran fisiknya yang kecil jadi bisa diselipin di mana aja, di saku, di dompet dan lain sebagainya. Selain itu, untuk menghubungkan flashdisk ke PC atau laptoptidak usah menggunakan kabel penghubung seperti hardisk. Tapi kalo disimpulkan lebih banyak positifnya hardisk #mungkiin. Oke dehh langsung aja niih ada sekilas info tentang fakta yang dapat menyebabkan hardisk komputer rusak diantaranya :

1. Faktor usia hardisk
Kalo faktor yang pertama ini mungkin kita harus bisa memaklumi karena Usia hardisk yang telah memakan waktu cukup lama mungkin berabad – abad yang lalu atau mungkin itu hardisk hadiah ulang tahun 20 tahun yang lalu ini merupakan termasuk salah satu faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada hardisk kamu. Tetapi nggak usah kawatir karena dengan suatu perawatan yang tepat hardisk kamu akan bisa lebih awet lagi atau bahkan bisa kita wariskan kepada anak, cucu, cicit kita hahahaa :D
2. Over Heat
Nahh, selain faktor usia, ternyata Panas yang berlebihan juga dapat memicu kerusakan hardisk kita looh. Hal ini merupakan akibat dari perubahan energi listrik sehingga Seperti yang telah kita ketahui secara umum bahwa hampir semua peralatan listrik akan mengalami efek samping dari terjadinya panas. Untuk dapat mencegahnya kita bisa memanfaatkan suatu pendingin tambahan pada hardisk kita. Harganya gak mahal kok di pasaran aja harganya relative murah, kurang lebih sekitar 15 ribu rupiah – an laahh. Ayoooo silahkan di beli !!
3. Jatuh atau terbentur
Kalo yang ini efeknya kadang sudah jelas dan pasti. Terkadang tiba-tiba saja tanpa sengaja laptop kita jatuh ke bawah atau hardisk yang kita bawa terbentur dengan benda – benda yang keras lainnya di saat kita melakukan pemindahan hardisk. Hmm.. Untuk menghindari hal kayak gini mungkin kamu bisa membawa laptop kamu menggunakan sebuah tas laptop yang aman, atau di saat kamu sedang memindahkan hardisk usahakan sebisa mungkin agar kita menghindari guncangan atau benturan.
4. Shutdown tidak sesuai prosedur
Yang ini mungkin agak sering kita lakukan yaitu mematikan komputer tidak sesuai prosedur karena kita terburu – buru atau sedang dikejar oleh waktu. Untuk kondisi hardisk hal ini bisa berakibat fatal karena mematikan komputer secara langsung tanpa mencabutnya dari steker. Jadi pastikan kalo komputer yang kamu matikan di matikan sesuai dengan prosedur shutdown yang tepat.
5. Aktifitas Hardisk Berlebihan
Huwaduuuuhh kalo yang ini nih mungkin tiap hari kita lakukan atau bisa sampai berjam–jam kita akan meladeninya. Yaah ! maen game tenyata kalo terlalu sering bermain game, melihat film, memutar video, memutar musik dan lain sebagainya dengan terlalu lama maka dapat mengganggu kesehatan kondisi hardisk kamu. Woow ! itu artinya seenggaknya kamu harus bijak dan pintar dalam menggunakan dan memanfaatkan laptop atau computer.

Leave a Reply